Senin, 21 Desember 2009

Materi IPA kelas 4 tentang daur hidup

DAUR HIDUP BERAGAM JENIS HEWAN


Perhatikanlah berbagai hewan di sekitar kita! Kita akan mendapati hewan seperti nyamuk, kecoa, kupu-kupu, katak, burung, kucing dan lain-lain. Kamu juga mungkin sering melihat jentik-jentik nyamuk, kecoa kecil, ulat, kecebong, anak burung dan anak kucing. Dapatkah kamu membedakan bentuk muda dan dewasa dari hewan-hewan tersebut? Ya, sebagian hewan memiliki bentuk yang serupa ketika muda dengan dewasa, sebagian hewan lainnya memiliki bentuk muda yang sangat berbeda dengan ketika dewasa. Sekarang akan kita pelajari daur hidup hewan yaitu tahapan perubahan bentuk tubuh hewan sepanjang hidupnya

A. Daur hidup hewan

Daur hidup adalah tahapan perubahan bentuk tubuh hewan sepanjang hidupnya. Ada berbagai hewan yang dilahirkan dari tubuh induknya dan memiliki bentuk yang mirip dengan induknya. Seperti kucing misalnya, anak kucing sama bentuknya dengan kucing dewasa. Anak ayam yang baru menetas, walaupun tubuhnya kecil bentuknya mirip dengan induknya. Tidak semua telur menetas menghasilkan anak hewan yang mirip dengan induknya. Contoh pada katak daur hidupnya panjang dan terjadi perubahan-perubahan bentuk (metamorfosis) dengan tahap-tahap tertentu yaitu telur menetas menjadi berudu kemudian menjadi berudu berkaki. Berudu berkaki menjadi katak kecil, katak kecil menjadi katak dewasa. Berudu bernafas dengan menggunakan insang, sedangkan katak bernafas dengan menggunakan paru-paru. Jadi yang dimaksud dengan metamorfosis sempurna adalah daur hidup hewan yang mengalami perubahan bentuk melalui semua tahap meliputi telur, larva, pupa, dewasa. Sedangkan metamorfosis tidak sempurna adalah pertumbuhan hewan yang melewati tahap telur,nimfa, dan dewasa.contoh: kecoak.

Marilah kita pelajari daur hidup pada beberapa hewan serangga, agar kamu dapat mengetahui tahap-tahap perubahan bentuk yang dialami oleh berbagai hewan dalam hidupnya.

1. Daur Hidup Nyamuk

Jika nyamuk betina bertelur, telur nyamuk menetas menjadi jentik-jentik. Jentik-jentik berubah menjadi kepompong. Kepompong berubah bentuk menjadi nyamuk muda, dan kemudian menjadi nyamuk dewasa. Karena perubahan bentuknya mengalami tahap kepompong, maka nyamuk dikatakan mengalami metamorfosis sempurna.


Gambar .1 Daur hidup nyamuk: a. telur, b. Jentik-jentik, c. kepompong, d.nyamuk dewasa


2. Daur Hidup Kupu-kupu

Coba kamu perhatikan kupu-kupu yang hinggap di bunga! Ketika kupu-kupu dewasa bertelur, telurnya akan menetas menjadi larva yang berbentuk ulat, ulat menjadi kepompong dan kepompong kemudian berubah menjadi kupu-kupu dewasa. Seperti pada nyamuk, Kupu-kupu mengalami tahap kepompong sehingga dikatakan kupu-kupu melakukan metamorfosis sempurna.

3.Daur Hidup Katak

Seperti beberapa hewan lain, katak juga mengalami metamorfosis. Namun yang dialami katak adalah metamorfofsis tidak sempurna. Mula-mula katak bertelur dalam air yang jumlahnya cukup banyak. Telur katak berukuran kecil dan lembek. Telur-telur katak tumbuh menjai berudu atau kecebong. Berudu mempunyai ekor dan kaki belakang. Berudu berekor tumbuh menjadi


gambar daur hidup katak


2 komentar: